MOBIL BEKAS via REKSADANA

infinityFX37

Kalau beli mobil bekas memang perlu banyak yang di perhatikan, mesin nya, bodynya, servis nya dst dst.., yang jadi benefit kalau beli mobil bekas adalah kita tidak perlu membayar pajak untuk mobil baru.., tapi tulisan ini tidak untuk membahas mengenai hal-hal teknis seperti itu, tapi bagaimana membeli mobil bekas yang notabene aset yang terdepresiasi melalui instrumen yang terus terapresiasi. Kalau mobil rata-rata terdepresiasi 10-15% per tahun dan reksadana campuran mempunyai average return rata-rata 10-12% per tahun, maka kalau ada grafik, maka grafik harga mobil akan terus menurun, sementara grafik reksadana akan terus naik dan akan bertemu di suatu titik (titik equilibrium namanya), seperti grafik supply & demand (kebayang kaan..).

harga mobil vs reksadana

Misalnya, mobil baru 2011 Infinity FX37 harganya Rp. 1.1 Miliar, maka seken nya tahun 2014 harganya turun jadi Rp. 750 juta. Dalam waktu 3 (tiga) tahun menyusut Rp. 350 juta atau 32%, kurang lebih 11% per tahun.

Asumsi contoh yang digunakan misalnya: Mobil Infinity FX37 keluaran tahun 2011, mesin: 3696 cc, V6, 320 dk. Harga baru 2011: Rp. 1,1 Miliar, harga seken 2014: Rp. 750 jutaan. SUV ini merupakan salah satu kasta tertinggi dari Jepang yang mempunyai tenaga berlimpah. Selain itu tenaga pacunya mencapai 320 dk, daya pikat lain SUV ini mempunyai 4 roda penggerak, akan menambah rasa percaya diri saat di medan yang agak berat.

Jika dari informasi di atas, kita berandai-andai kembali ke tahun 2011, maka simulasinya:

Cicilan mobil baru per bulan selama 3 tahun (2011 – 2014): Rp. 34,7 juta/ bulan.

Sebaliknya, jika di tahun 2011 kita berencana untuk membeli mobil Infinity ini secara seken 3 tahun kemudian, maka  dari simulasi, tabungan dalam bentuk reksadana campuran per bulan selama 3 tahun (2011 – 2014) sebesar Rp.24,6 juta/bulan.

Jadi ada selisih sebesar Rp. 34.7 juta – 24,6 juta = Rp. 10,1 juta per bulan.

Tabel 1. Simulasi pembelian mobil Infinity FX37.

Tahun awal 2011 Tahun selesai  2014 Cicilan per bulan selama 3 tahun

 

Keterangan
Baru   Rp. 34,7 juta/bulan Cicilan kredit

 

  Bekas Rp. 24,6 juta/ bulan Tabungan dalam bentuk Reksadana
Selisih   Rp. 10,1 juta/bulan  

 

 

Bedanya Rp. 10,1 juta, cukup signifikan, bisa kita gunakan untuk investasi lainnya. Apalagi kalau kelas 2000 cc ke atas penyusutannya cukup signifikan dibandingkan dengan mobil dibawah 2000 cc, belum lagi kalau mobil Eropa.

Jadi kalau anda berkeinginan mempunyai mobil 3 tahun lagi dari sekarang, dan anda tahu berapa harga mobil tersebut saat ini, maka anda bisa menghitung berapa tabungan yang mesti anda siapkan sekarang dengan pilihan instrumennya. Kalau mau mobil periode yang lebih panjang, misalnya 5 tahun, tentu kita gunakan instrumen yang berbeda, tergantung kapan kita rencana beli mobil bekas tersebut.

 

Catch me: @rizalplanner

Contact me: rizal.plannerindo@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s