JANGAN MENUNDA MIMPI ANDA..

littledumbman.com

pic source: littledumbman.com

Welcome 2014! Tahun 2013 sudah lewat, sudah banyak yang anda lakukan, termasuk dalam perencanaan keuangan anda. Jika hasil evaluasi keuangan anda ternyata dalam implementasinya ada yang kurang memuaskan, maka perlu dievaluasi apa penyebabnya. Kalau penyebabnya adalah kondisi makro ekonomi seperti tingkat likuiditas yang ketat, suku bunga naik, inflasi yang tinggi dst, maka hal-hal tersebut merupakan hal-hal di luar kuasa anda. Lupakan sejenak makro ekonomi tsb, mari kita bahas hal-hal yang lebih membumi yang masih dalam kuasa anda.

Dari pengalaman saya sebagai financial planner ada hal yang sangat mendasar yang menarik untuk di share. Jika anda sebagai klien dan sudah dibeberkan kondisi kesehatan anda (istilah kerennya financial checkup), apa saja yang mesti dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan anda, apa saja yang mesti dijaga dan hal-hal lain yang mesti dihindari, maka hal-hal tersebut adalah cara-cara untuk mencapai ‘mimpi’ anda. Contoh kongkrit, misalnya tujuan anda ingin punya dana pendidikan sebesar  Rp. 2 Milyar dalam 15 tahun ke depan untuk anak-anak anda dan anda sudah direkomendasikan instrumen apa yang dapat dipilih. Selanjutnya anda sudah buka rekening untuk instrumen yang dipilih tersebut, misalnya setiap bulan akan dipotong Rp. 1,5 juta selama 15 tahun. Singkatnya semua sudah dipersiapkan secara matang. Namun dalam perjalanan, implementasinya ternyata tidak sekuat keinganannya. Uang Rp.1,5 juta  yang seharusnya disetor ke rekening investasi pendidikan tidak dilakukan, ada aja alasannya. Yang kayak begini alasan yang sering muncul:

“nanti deh, masih ada keperluan lain..”

“Bulan depan ya, setornya sekalian dengan yang kemarin…”

 “o iya lupa…”

“yaa, uangnya udah kepake yang lain..”

“ada emergency…, lagi ada sale”

Dan alasan-alasan lain yang minta di acceptable

Meskipun sekarang sudah ada fasilitas auto debet pada perbankan, tapi kalau ga ada duitnya di rekening, apa yang mau di debet? Gimana caranya tujuan dana Rp.2 Milyar tersebut tercapai?

Kalau hal tersebut untuk keperluan setoran premi life insurance anda misalnya uang pertanggungan (UP) Rp. 2 Milyar, maka jika pembayaran anda lapse alias lewat dari tenggat waktu pembayaran atau ga bayar, maka jika terjadi apa-apa dengan anda, uang pertanggungan anda tidak akan dibayarkan oleh pihak asuransi kepada ahli waris anda.

Kesimpulannya, jangan pernah menunda! DISIPLIN KEUANGAN dalam perencanaan keuangan anda. Jika anda sudah komit untuk mencapai tujuan dana pendidikan tersebut, maka cobalah untuk bayangkan betapa kecewanya anak-anak anda jika pendidikan yang dituju tidak bisa diikuti, karena komitmen dana tersebut tidak tercapai, atau bagaimana ahli waris anda nangis bombay karena uang pertanggungan sebagai biaya hidup mereka, tidak dapat.

Catch me: @rizalplanner

Email me: rizal.planner@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s