CICIL DAN GADAI EMAS, APA JADINYA KALAU MARKET TREND TURUN?

picture source: bisnis.liputan6.com

picture source: bisnis.liputan6.com

Tadi pagi waktu sahur, salah satu acara TV nasional menayangkan acara talkshow dengan nara sumber merangkap sponsor dari salah satu bank syariah nasional (tidak perlu disebut namanya ya). Yang dibahas mengenai produk dari bank tersebut yaitu cicil dan gadai emas. Disebutkan bahwa untuk nasabah yang berminat untuk membeli emas bisa dengan mencicil dengan margin yang disepakati, dan yang BU alias butuh uang, tinggal gadaikan saja emasnya.  Sayangnya ada beberapa informasi yang tidak lengkap dijelaskan waktu talk show. Untuk itu kita bahas dari kondisi trend gold market yang terus menurun supaya lebih jelas.

Untuk Cicil Emas, hal lain yang kurang lengkap disampaikan adalah pada saat mencicil emas dengan trend market price turun. Jika anda pilih membeli emas dengan cara mencicil di bank atau pegadaian, maka selisih atas penurunan harga pasar emas tidak mengurangi cicilan anda, anda diharuskan tetap membayar cicilan sesuai perjanjian awal. Contohnya jika harga emas yang anda beli awalnya seharga Rp. 12 juta kemudian turun jadi Rp. 10 juta, maka cicilan anda tidak ikut turun, tapi tetap untuk seharga Rp. 12 juta. Oleh karena itu konsumen harus jelas akan terms and condition nya.

Sedangkan untuk Gadai Emas, prinsipnya, anda menggadaikan barang anda untuk mendapatkan sejumlah uang dan kemudian ditebus kembali. Jika dalam hal ini adalah emas batangan, maka bank atau pegadaian yang menyediakan bisnis gadai emas akan menaksir emas tersebut dengan harga emas yang tentunya lebih rendah dari market price. Misalnya market price emas LM Antam hari ini (per 27 Juli 2013) Rp. 450.000/gram , maka nilai taksiran bank atau pegadaian pasti di bawah itu misalnya Rp. 400.000/gram. Dan nilai pinjamannya maksimum hanya 93% dari nilai taksiran. Kemudian nilai pinjaman dikurangi lagi biaya administrasi yang rangenya Rp. 12.500 – Rp. 60.000.  Jadi yang anda terima Rp. 312.000, ini sama dengan 69% dari market price sekarang. Artinya biaya awal untuk gadai emas mencapai 31% dari market price. Belum lagi dikurangi biaya sewa per bulannya yang nilainya 1,25% per gram atau dari nilai pinjaman.

Jika kondisi pasar harga emas turun terus, maka bank atau pegadaian akan meminta selisih dari nilai pasar tersebut kepada anda sebagai kekurangan atas nilai pasar yang baru. Misalnya saat anda menggadaikan emas, nilai harga emas Rp. 520.000/gram, tapi kemudian harga emas merosot menjadi Rp. 450.000/gram dalam sebulan. Selisih Rp. 70.000/gram ini harus dibayar oleh anda, untuk memperpanjang gadai. Jika tidak anda bayar, maka bank atau pegadaian punya hak untuk melelang emas anda yang dijaminkan tersebut. Di TV, pada saat si host menanyakan mengenai trend gold market yang turun saat ini ke nara sumber, hal tersebut tidak di jawab secara lengkap, sehingga informasi kepada pemirsa TV kurang lengkap.

Jadi kalau ada tawaran produk baik dari bank, pegadaian atau institusi lainnya, tanyalah secara detail, apa saja term and conditionnya. Supaya tidak menyesal di kemudian hari. Selain itu, jika sudah kepepet, BU alias butuh uang, jual saja emas  atau perhiasannya. Toh jika anda sudah mampu membeli sebelumnya, anda akan mampu membelinya lagi.

Catch me: @rizalplanner

Email me: rizal.planner@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s