Pilih mana: KTA vs Gadai?

source: rimanews.com

source: rimanews.com

 

Kalau sudah menjelang ajaran tahun baru, bank maupun pemberi jasa keuangan berlomba menawarkan pinjaman, kredit atau pembiayaan kepada masyarakat, istilah banking nya: fasilitas. Ya, fasilitas ini kepada siapa saja yang kira-kira perlu jasa bank atau perusahaan pembiayaan yang kalau di lihat profil dan track record nya bagus. Tapi kalau sudah ada dalam Daftar Hitam BI (DHBI) sebagai salah satu bukti negatif track record kredit perbankan anda, maka bisa dipastikan sulit untuk dapat fasilitas tersebut.

Kalau sudah mepet alias kepepet butuh uang, dan jika ada tawaran Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau Gadai, rasanya seperti  menemukan oasis dan onta di gurun, kalau sudah begini sebaiknya tidak anda pilih dua-duanya. Karena bisa jadi oasis nya ternyata beracun atau ontanya sekarat. Mengapa? Karena keduanya memberikan dampak pada cash flow anda secara bulanan, memberikan anda kewajiban yang harus anda penuhi kepada pihak kreditur dalam jangka waktu cukup lama yang tidak bisa anda tawar-tawar. Sementara kebutuhan fixed yang sudah ada tetap harus dipenuhi.

Kalau di lihat hitungannya, untuk KTA dan Gadai, keduanya menawarkan bunga flat, artinya bunga yang tertera dalam penawaran harus dihitung lagi bunga efektifnya.  Misalnya bunga KTA 1% flat per bulan, maka bunga efektifnya 21,4% per tahun, sedangkan bila bunga Gadai 0,9% flat per bulan dengan kredit fidusia (artinya jaminan benda bergerak seperti mobil) maka bunga efektifnya kurang lebih sama dengan bunga KTA. Tulisan mengenai KTA bisa di lihat di https://rizalplanner.wordpress.com/2013/01/07/di-balik-penawaran-kta/

Sebagai financial planner, saya tidak merekomendasikan untuk mengambil salah satu ataupun keduanya dari dua produk tersebut untuk menutupi kebutuhan yang sudah mepet seperti sekarang untuk anak sekolah. Yang saya rekomendasikan adalah jual benda yang anda punya, Kalau anda punya emas, jual saja, kalau punya perhiasan, jual saja, semuanya untuk menutupi kebutuhan mepet tersebut.

Ingat, jangan membiayai kebutuhan mepet apalagi konsumtif dengan bunga produktif seperti di atas. Kecuali jika anda punya usaha  yang memberikan return lebih besar daripada bunga KTA ataupun gadai.

So lets plan ahead for our family.

 

Catch me: @rizalplanner

Email: rizal.planner@gmail.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s