ACCIDENT DOES HAPPEN

pitchero.com

pitchero.com

Pagi ini kita di kejutkan berita duka cita, salah satu ustadz terkenal meninggal dunia karena kecelakaan motor gede, berita-berita di sosial media menyampaikan bahwa kecelakaan tersebut kecelakaan tunggal, dini hari Jumat 26 April 2013. Mungkin habis memberikan ceramah hingga larut malam, kita tidak tahu. Tulisan kali ini tidak membahas mengenai si ustadz tapi mengenai pentingnya asuransi kecelakaan diri sebagai bagian dari perencanaan keuangan.

Kecelakaan bisa menimpa pada siapa saja, termasuk diri kita sendiri. Contoh lain kecelakaan diri adalah  karena terinjak kulit pisang hingga menyebabkan jatuh, atau karena memanjat tangga untuk membetulkan langit-langit, lampu atau apapun itu yang menyebabkan kita jatuh. Semua itu masuk dalam kategori kecelakaan diri. Di sinilah pentingnya kita mempunyai asuransi kecelakaan diri (Personal Accident). Karena jika terjadi apa-apa dengan kita, maka ada asuransi yang memberikan proteksi pada kita, apakah itu biaya medis yang harus dikeluarkan akibat kecelakaan sampai kehilangan jiwa seperti contoh kasus ustadz di atas.

Kecelakaan menurut definisi Polis Standar Asuransi Kecelakaan Diri Indonesia adalah suatu kejadian atau peristiwa yang mengandung unsur kekerasan baik yang bersifat fisik maupun kimia yang datangnya tiba-tiba, tidak dikehendaki atau direncanakan, termasuk keracunan, mati lemas atau tenggelam.

Asumsikan berita-berita tersebut benar, maka kecelakaan motor tersebut di perkirakan tidak direncanakan dan mengandung unsur kekerasan fisik karena menabrak pohon palem, jika masuk dalam definisi Polis Standar maka pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungannya pada si ahli warisnya, misalnya dalam kasus ini istrinya si ustadz. Tapi jika ternyata ditemukan bahwa kecelakaan tersebut terdapat unsur kesengajaan atau direncanakan, maka pihak asuransi berhak untuk menolak klaim. Pihak asuransi bisa melakukan investigasi untuk kecelakaan, apalagi jika uang pertanggungannya guede.

Hal lain yang perlu di perhatikan dalam membeli asuransi kecelakaan diri adalah luasnya jaminan, maksudnya coveragenya apakah termasuk bila mengemudi sepeda motor, karena jika termasuk maka akan di cover si perusahaan asuransi, tapi jika tidak, maka percuma saja.

Ada juga pengecualian tambahan dalam polis, seperti teroris dan huru hara, maksudnya, jika kecelakaan diri terjadi karena unsur terorisme dan atau huru hara dimana kita terlibat di dalamnya, maka pihak asuransi akan menolak klaim kita.

So guys, plan yourself better and get protected.

Catch me: @rizalplanner

Email: rizal.planner@gmail.com

2 thoughts on “ACCIDENT DOES HAPPEN

  1. Hi Mas Rizal,

    Personal accident insurance, sepertinya jarang dibahas ya. Apakah ini termasuk liability perusahaan asuransi atas life insurance or medical insurance kita? Karena aku tahu mengenai asuransi jiwa atau asuransi kesehatan tapi baru kali ini dengar tentang asuransi kecelakaan diri. Can you pls share more information about personal accident insurance? Shall we meet to explain me more about this subject ….thx

  2. hi mbak Eva, PA (Personal Accident) masuk dalam Asuransi Umum. Ya produk ini bisa di beli di Perusahaan Asuransi Non Jiwa/ Umum. Coverage dari PA ini selain biaya medis dan kehilangan jiwa seperti disebutkan di atas, juga apabila si pemegang polis mengalami kecacatan, baik cacat tetap keseluruhan maupun cacat tetap sebagian. Yes sure, pls email me your available time. Cheers,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s