FOKUS!

source: endevor.org

source: endevour.org

Ada yang pernah bertanya kepada saya, dari sekian rencana-rencana yang ingin dibuat dengan keterbatasan dana yang ada, mana yang lebih di dahulukan? Apakah dana darurat, dana pendidikan, dana pensiun, dana proteksi? Lihat tulisan saya Pakta Integritas: https://rizalplanner.wordpress.com/2013/02/19/pakta-integritas/

Jawabannya: fokus satu saja dulu. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mendisiplinkan diri kita untuk fokus mencapai tujuan kita. Misalnya. kalau tujuan kita untuk memperoleh dana pendidikan anak, maka mulailah dari sekarang menyisihkan secara rutin dana untuk kepentingan pendidikan anak.

Misalnya, setiap bulan kita mampu menyisihkan uang sebesar Rp. 1,5 juta, maka uang tersebut kita masukkan dalam keranjang investasi kita. Ada 2 cara yang bisa kita lakukan:

  1. Yang pertama, langsung menempatkan dalam bentuk investasi, beli produk pasar modal seperti reksadana setiap bulannya, dan selama sekian periode kita terus membeli reksadana tersebut secara teratur. Ini yang disebut dengan dollar cost averaging. Artinya kita membeli produk dengan harga rata-rata. Jika bulan ini misalnya NAB (Nilai Aktiva Bersih) dari reksadana Rp. 1200 dan bulan depan pada waktu kita beli naik menjadi Rp. 1300, maka secara-rata-rata harga unit reksadana yang kita beli NAB nya Rp. 1250. Dengan dollar cost averaging, kita ga usah pusing soal kapan belinya, unit reksadana yang terbeli akan lebih banyak pada saat NAB rendah, dan unit reksadana yang terbeli akan lebih sedikit pada saat NAB naik. Karena tujuannya adalah mendapatkan harga rata-rata terendah dari investasi yang kita beli.
  2. Yang kedua, mengakumulasikan terlebih dahulu, misalnya akumulasikan dana bulanan Rp. 1,5 juta selama 1 tahun, baru kemudian kita belikan aset investasi. Misalnya dana akumulasi yang terkumpul selama 1 tahun Rp. 18 juta, setelah itu bisa kita belikan aset berupa emas batangan. Saat ini harga emas batangan khususnya Logam Mulia (LM) Antam per gramnya Rp. 513.000, asumsikan kenaikan emas 20% per tahun, maka 35 gram LM Antam yang sama yang anda beli hari ini, nilainya akan naik 20% tahun depan.

Lakukan secara kontinu sampai dana pendidikan yang anda tuju tercapai jumlahnya. Untuk memilih investasi apa yang akan dipilih, bisa sektor finansial seperti pasar modal, komoditas seperti emas maupun sektor riil seperti usaha sewa atau peternakan, tapi  inga inga…setiap investasi punya risiko. Tanyakan pada expertnya, financial planner anda untuk mengetahui lebih lanjut.

Kesimpulan: disiplin investasi dan monitor investasi anda.

Catch me: @rizalplanner

Email: rizal.planner@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s