KETIPU LAGI…

Sumber: businesstoday.intoday.in

Sumber: businesstoday.intoday.in

Heran saya, kenapa masih ada saja orang yang ketipu dengan model investasi emas dengan iming-iming return (imbal hasil) yang tinggi, seperti kasus Raihan Jewellery (“RJ”) yang beritanya hari ini jadi headline harian Kontan (Rabu, 27 Februari 2012).  Kasus penipuan seperti ini sekarang sudah masuk laporan polisi.

Skema penawaran investasi emas “RJ” seperti ini: pembelian emas batangan minimal 100 gram dengan harga 20%-25% di atas harga emas Logam Mulia, kemudian kita di janjikan akan dapat bonus 1,5% – 2,5% per bulan selama 6 bulan. Jadi kalau harga emas per gram hari ini Rp. 536.000, dan kita beli 2 kg saja, artinya harga yang kita bayarkan ke “RJ” Rp. 1,3 Milyar dan setiap bulan terima bonus Rp. 33 juta selama 6 bulan, atau kalau tidak beli fisiknya, maka kita dapat surat perjanjian investasi dengan janji nilai keuntungan 4,5% dan 5,4% per bulan selama 6 bulan dan 12 bulan.  Dalam kasus ini, setelah bulan ke-4 “RJ” tidak mampu lagi membayar return kepada investornya, ditambah lagi uang pokoknya yang juga tidak balik.

Jika dihitung, untuk pembelian emas secara fisik, maka per tahun “RJ” menjanjikan return 18%-30%, sementara jika tidak beli fisik alias hanya dapat surat perjanjian investasi saja, return nya jauh lebih besar 54% -65% per tahun, bandingkan dengan return reksadana saham yang ‘hanya’ bisa mencapai 24% – 27% per tahun, apalagi deposito yang hanya 5,75% per tahun. Maka jika kita di tawari dengan janji-janji surga investasi seperti ini, sebaiknya kita pelajari baik-baik, atau bertanyalah kepada expert nya – financial planner anda.

Sebagai financial planner, saya sarankan jika anda ingin membeli emas batangan seperti LM Antam, belilah langsung di toko emas, ada barang ada uang. Pastikan anda tahu berapa harga pasaran LM hari itu dan mintalah sertifikatnya. Jadi kalau mau beli 2kg emas, anda bisa bawa cash Rp. 1,3M ke toko emas atau transfer atau debit ke rekening pemilik toko emas tsb. Harga LM Antam yang tertera di website Antam jauh lebih mahal daripada harga di toko emas. Jadi cek dulu harga pasaran toko berapa.

Saya melihat bahwa masih banyaknya orang-orang yang tertipu ini karena faktor serakah (greed) ingin mendapatkan untung besar tapi tidak memperhitungkan resikonya. Sialnya lagi bila investor “RJ” tersebut meminjam uang ke bank untuk investasi tsb. sudah uang pinjaman hilang, cicilan harus jalan terus ke bank. Nangis bombay deh.

Masih ada beberapa perusahaan lain yang menawarkan model investasi emas, oleh karena itu waspadalah.., waspadalah.

 

Catch me: @rizalplanner

Contact: rizal.planner@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s