TIPS PRAKTIS: AKUMULASIKAN KEKAYAAN ANDA

sumber:rahasiacantikmenarik.blogspot.com

sumber:rahasiacantikmenarik.blogspot.com

Berapa banyak yang kita sisihkan tiap bulan untuk menabung? Berapa banyak untuk investasi?

Jika setiap bulan kita sisihkan 10% dari penghasilan kita untuk ditabung, artinya kita menempatkan uang kita di tempat yang risikonya kecil dan relatif aman seperti tabungan atau deposito di bank. Instrumen keuangan seperti ini tidak untuk melipatgandakan kekayaan tapi lebih pada mengakumulasikan. Ini yang namanya akumulasi kekayaan.

Sedangkan kalau investasi, artinya kita menempatkan uang kita di instrumen keuangan maupun non keuangan untuk melipatgandakan kekayaan serta mempunyai risiko contohnya investasi di reksadana, saham, emas, properti, obligasi, sukuk dan instrumen investasi lainnya. Ini yang disebut akselerasi kekayaan. Instrumen-instrumen tersebut berbanding lurus antara risiko dan return yang diberikan. Contohnya saham, potensinya besar untuk mendapatkan hasil yang tinggi, tapi risikonya besar juga untuk kehilangan uang.

Tips praktis:  sisihkan 10% untuk menabung setiap bulannya secara rutin, anggaplah ini sebagai bayaran diri anda tiap bulan, kemudian sisanya anda pos-pos kan untuk pengeluaran.
Misalnya gaji anda Rp 20 juta setiap bulan, maka Rp 2 juta anda tabung setiap bulannya, sisanya Rp 18 juta anda pos kan untuk pengeluaran rumah tangga, bayar cicilan rumah, mobil, keperluan anak, pendidikan, investasi dll.

Kesimpulan: menabung secara disiplin, mengakumulasikan kekayaan anda.

Catch me: @rizalplanner
Contact: rizal.planner@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s