GEMPA BUMI

gempa-bumi

Kemarin Jakarta banjir lagi, belum lagi adanya kebakaran di kawasan bisnis terpadu, plus macet sebagai imbasnya. Selain itu, di timur sana, di Kepulauan Solomon, di Kawasan Pacific, terjadi gempa bumi 8 skala Richter, hari ini di Pesisir Selatan Sumatera Barat & Tapanuli Selatan kisaran 5 skala richter.

Banjir, kebakaran, gunung meletus dan gempa bumi merupakan sesuatu yang tidak di duga dan tidak di harapkan untuk terjadi pada kita, dalam bahasa asuransinya Act of God.

Kita tentu masih ingat tsunami di Aceh, gempa di Jogja, letusan gunung Merapi, dan masih banyak gempa-gempa lainnya sebelumnya di bumi Indonesia tercinta ini yang bersifat katastropi, kerugian yang sangat besar.

Konon menurut para ahli, Indonesia terletak di pertemuan lempeng bumi Euronasia dan lempeng Australia yang rentan bergerak, dengan banyak gunung api aktif. Ini berarti risiko yang ada pun semakin besar bagi kita penduduk Indonesia.

Seperti halnya kebakaran, banjir yang bisa kita proteksi dengan perluasan asuransi (lihat tulisan saya: Banjir), gempa bumi, letusan gunung dan tsunami, atau bahasa asuransinya Act of God pun bisa kita proteksi dengan membeli tambahan polis untuk properti kita. Dengan membeli polis tambahan, maka kita melindungi properti kita dari kerugian akibat dampak gempa.

Sudah kita lihat di Aceh, Jogja, sekitar Merapi akan dampak rumah-rumah yang hancur akibat tsunami dan gempa bumi, dan tentu untuk membangunnya kembali perlu biaya yang tidak sedikit, untuk itulah fungsi dari tambahan asuransi, untuk mengganti kerusakan yang timbul. Remember, kita membeli asuransi untuk mengganti kerugian, bukan mencari untung.

Catch me: @rizalplanner

Contact merizal.planner@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s