Klaim Asuransi

sumber: republika.co.id

sumber: republika.co.id

Tahukah anda bahwa klaim asuransi untuk properti tahun 2007 naik 35% dari tahun 2002, pada waktu kejadian banjir hebat di Jakarta, dan proyeksi tahun 2013 ini diperkirakan klaim akan naik 100%. Sementara klaim asuransi kendaraan karena banjir tahun 2007 naik 6% dari tahun 2002 dan proyeksinya tahun ini klaim juga akan naik. Dengan total klaim yang diproyeksikan sampai triliunan Rupiah pada 2013 ini.

Dengan kejadian banjir hebat ini, perusahaan asuransi tentu tidak akan tinggal diam, setelah menghitung-hitung klaim yang mereka bayarkan, agar tidak rugi bandar dikemudian hari kalau kejadian serupa terjadi lagi, besar kemungkinan mereka akan menaikkan premi dengan pertimbangan risk improvement – terlebih untuk properti. Maksudnya kalau ada kejadian banjir seperti ini, kita sebagai pemegang polis juga ada upaya untuk menyelamatkan properti kita dari banjir tsb, misalnya seputar bangunan dibuat dinding beton, saluran air dipelihara dengan baik.

Kita sebagai konsumen juga harus cermat dalam membeli polis misalnya untuk asuransi properti, kalau kita beli polis standar asuransi kebakaran, maka tidak secara otomatis akan mengcover banjir, oleh karena itu untuk mengcover banjir ini, kita harus menambah bayaran premi untuk memperluas jaminan termasuk banjir ini.

Kalau melihat kondisi yang parah rumah-rumah mewah di Pluit, hal lain yang perlu diperhatikan jika kita beli perluasan jaminan ini, apakah ada klausula akomodasi sementara, artinya perusahaan memberikan ganti biaya sewa rumah atau tinggal di hotel, selama rumah kita tidak layak huni akibat banjir. Tentu ada term and conditionnya. Remember, bahwa kita membeli asuransi untuk ganti rugi, bukan cari untung. Tapi tidak semua perusahaan asuransi mau memberikan klausula ini lho.

Kesimpulan: dari bencana banjir ini, kita belajar untuk lebih mempersiapkan perisai untuk melindungi keluarga dan aset kita.

Catch me: @rizalplanner
Contactrizal.planner@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s