Banjir

sumber: beritasatu.com

sumber: beritasatu.com

Warga Jakarta dan sekitarnya dalam minggu ini sibuk dengan urusan banjir, hujan yang terus menerus sepanjang hari, indikator Bendungan Katulampa sudah menunjukkan level air di atas normal, dan berita-berita di media lainnya yang membuat kita harus siaga! Kalau sudah seperti ini, mau tidak mau kita akan jadi lebih alert dan protektif terhadap keselamatan keluarga kita dan aset kita. Iya kaan?

Seperti tulisan saya sebelumnya (Lindungi Aset Kita!) Salah satu cara untuk melindungi aset-aset kita seperti mobil dan rumah adalah dengan membeli asuransi. Nah polis asuransi yang meng cover banjir ini punya klausul Act of God (ini terminologi legal untuk tindakan di luar kuasa manusia, contohnya banjir di Jakarta seperti sekarang ini atau bencana alam lainnya).

Asuransi ini memberikan jaminan perbaikan atas kerugian atau kerusakan yang timbul akibat banjir atau bencana alam lainnya. Artinya jaminan tersebut hanya sebatas kerugian yang timbul saja, tidak bisa kita tambah-tambahin. Remember, bahwa kita membeli asuransi itu untuk proteksi dan bukan untuk cari untung. Klausul Act of God ini merupakan perluasan dari asuransi standar yang di jual oleh Perusahaan Asuransi Umum.

Sebelum membeli asuransi, tanya dan pelajari pasal-pasalnya dengan cermat, ada term and condition yang mesti di perhatikan, seperti kondisi pengecualian dimana pihak asuransi tidak menjamin atau minimum kerugian harus sekian juta baru diperbaiki, dsb. Kenapa? Karena pihak asuransi berhak untuk menolaknya. Contoh, misalnya untuk kendaraan, pada saat terjadi banjir, mobil kita paksakan untuk menerjang banjir (sudah tahu banjir tapi kita paksakan juga) atau pasca kebanjiran, mobil berusaha kita starter. Hal-hal tersebut sepertinya sepele, tapi akibatnya perusahaan asuransi berhak menolak klaim anda. Atau kerugian anda setelah dihitung ‘hanya’ Rp. 7 juta sementara minimum kerusakan untuk berhak meng claim Rp. 10 juta, maka Perusahaan asuransi juga berhak menolak klaim anda.

Hal penting lain yang mesti diperhatikan adalah proses klaimnya. Kemana kita harus menghubungi dan dokumen apa yang harus dipenuhi untuk proses klaim tersebut.

Kalau sudah punya polis, saya sarankan untuk periksa kembali polis anda, apakah sudah cukup terproteksi semua aset anda?

Dengan kondisi cuaca ekstrim seperti ini, at least kita sudah mempunyai payung yang melindungi aset kita dengan perluasan jaminan asuransi.

Catch me: @rizalplanner
Contact: rizal.planner@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s