Hujan = Darurat

 

 

 

Pagi ini Jakarta di guyur hujan, cukup lama juga, menghadapi  kondisi seperti ini seperti biasa, saya sudah siapkan payung.

Anyway, tidak selamanya matahari bersinar cerah, tapi kadang juga hujan bahkan bisa jadi badai, seperti di pantai timur Amerika akhir tahun 2012 lalu.

Begitu juga halnya kehidupan, kadang tidak selamanya kita sehat kadang kita sakit, tidak selamanya jalan yang kita lalui mulus tapi kadang bergelombang.

Dalam ilmu perencanaan keuangan, untuk menghadapi ‘hujan’ seperti ini, kita perlu yang namanya dana darurat. Apa itu dana darurat? Dana yang fungsinya menjembatani kita selama masa darurat tersebut. Misalnya sang kepala keluarga di PHK, anggota keluarga sakit, atau perubahan hidup dari pegawai menjadi pengusaha, hal-hal yang sifatnya tidak biasa – not your ordinary days.

Dana darurat ini sifatnya harus likuid. Setiap orang kebutuhannya berbeda-beda. Bagaimana cara menghitungnya? Bisa ditanyakan kepada financial planner anda.

Kesimpulan: marilah kita sedia payung sebelum hujan untuk kita dan keluarga.

 

Catch me: @rizalplanner

Contact: rizal.planner@gmail.com

Perencana Keuangan Uang & Keluarga

2 thoughts on “Hujan = Darurat

  1. Oom Rizal,

    Based on your knowledge and experience, berapa besar amount of emergency fund yg mesti disediakan utk someone who life in a normal ways (not execessive comsumtive).

    Trus definition liquid itu : asset yg bisa dicairkan dalam waktu berapa lama ya?

    Cheers,
    Ev

    • Hi mbak Ev
      Yang dimaksud likuid itu kayak es di kulkas, pas kita keluarin pasti cair, jadi kalau kita butuh uang tersebut sewaktu-waktu karena kejadian mendesak atau darurat, maka dana tsb siap sedia. Selain cash, pilihan asetnya macem-macem yang ada di market. Pilih yang tepat ya.

      Sekalian itu untuk menghitung berapa besar kebutuhan, kita bisa copy darat, silakan email ke rizal.planner@gmail.com untuk appointment selanjutnya.

      Salam sukses,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s