BUNGA 0%

zero-loan-rate

Weekend kemarin, saya iseng-iseng melihat salah satu koran nasional, yg satu halaman belakang, isinya iklan elektronik dengan penawaran bunga 0% dengan menggunakan kartu kredit Bank X, Y dan Z.

Ada TV, kulkas, kamera, beragam gadget serta perlengkapan rumah tangga lainnya.

Pertanyaannya apakah benar 0%?

Ambil contoh: TV 60 inch, harga cash Rp. 20.609.100, kalau dengan cicilan, bayar Rp. 1.812.838 selama 12 bulan, pembayaran dengan menggunakan kartu kredit Bank X, Y, Z tsb, sementara ada tertera harga yang dicoret  Rp. 22 juta.

Kalau kita hitung dengan metode time value of money, cicilan Rp. 1.812.838 selama 12 bulan maka kalkulasi saya, bunganya adalah 17.3%. Selisih antara Rp. 22.000.000 dengan Rp. 20.609.100 itulah bunga sebenarnya, yang di bundling dengan harga jual, dan dimasukkan sebagai komponen cicilan.

Oleh karena itu, jika kita membeli sebuah barang, perhatikan hal berikut:

1.Lihat urgensi barang tersebut? Kalau bisa ditunda, lebih baik kita menyisihkan uang sebagian untuk  ditabung dan jika sudah cukup, dibelikan barang yang jadi kebutuhan kita.

2. Jika kita terpaksa harus membeli (misalnya butuh AC karena AC yang di rumah rusak), maka perhatikan jangka waktu cicilannya, semakin panjang waktunya, semakin besar bunganya. Saat sekarang kita akan senang karena punya barang tersebut, tapi setelah itu kita akan terbebani dengan kewajiban bayar hutang.

Kalau kita tidak bisa bayar cicilan kartu kredit, maka worst case, nama kita akan masuk DHBI (Daftar Hitam Bank Indonesia). Jika kemudian hari kita mau pinjam uang lagi dari bank, maka nama kita sudah di black list dan kita akan sulit utk mendapatkan pinjaman baru dari bank manapun di Indonesia.

Kesimpulan:  telitilah sebelum membeli, manage pengeluaran anda dengan bijak, pilih mana yang kebutuhan mana yang lapar mata.

 

Catch me: @rizalplanner

Contact: rizal.planner@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s